7 Rahasia Agar Lebih Produktif Di Kantor

7 Rahasia Agar Lebih Produktif Di Kantor

Berbeda dengan pandangan umum, kunci menjadi produktif bukan bekerja keras sampai Anda merasa lelah. Faktanya, ada banyak cara untuk menjadi produktif, tapi tetap sehat dan bahagia.

1. Bekerja lebih sedikit

Pengusaha otomotif Henry Ford terkenal dengan langkahnya memotong jam kerja menjadi 40 jam per minggu pada 1926. Hal ini ia lakukan karena jam kerja yang panjang justru membuat produktivitas pekerjanya menurun.

Sebuah riset mendukung hal itu karena ternyata manusia hanya bisa menoleransi pekerjaan selama 60 jam per minggu dalam tiga minggu. Lebih dari itu, maka produktivitas bakal menurun.

2. Menunda pekerjaan

Ketika Anda menunda pekerjaan, cobalah menjawab lima pertanyaan ini:

  • Apa manfaat jangka panjangnya?
  • Apa saya bisa hidup tanpa manfaat itu?
  • Apakah manfaat itu bisa saya dapat dengan pekerjaan lain?
  • Apakah manfaat itu bisa diganti dengan manfaat lainnya?
  • Apakah saya bisa mendelegasikan pekerjaan ini dan mendapat manfaat yang sama?

Kalau Anda menjawab ya paling tidak dua dari lima pertanyaan itu, maka pikirkan untuk menghilangkan pekerjaan itu dan cari cara mendapatkan manfaat dari pekerjaan lain.

3. Jangan mengelola waktu, tapi energi

Cobalah mencari tahu kapan waktu Anda merasa sangat bertenaga pada saat bekerja. Psikolog Josh Davis menemukan ketika Anda sadar dengan emosi dan bagaimana itu mempengaruhi energi kerja, maka Anda tahu bagaimana menjadi produktif.

4. Jangan bekerja sendiri

Saatnya Anda belajar mendelegasikan pekerjaan. Kalau Anda susah melakukannya, cari tahu mengapa. Mungkin Anda seorang perfeksionis atau tidak percaya diri dan takut kesuksesan orang lain menutupi Anda.

5. Buang daftar pekerjaan Anda

Kalau Anda tidak berhasil menyelesaikan daftar pekerjaan, maka sebaiknya semua tulisan itu dibuang. Cobalah membuat daftar pekerjaan paling tidak tiga hingga lima jenis setiap hari supaya lebih produktif. Lakukan pekerjaan yang termudah lalu tersulit supaya energi Anda tidak cepat habis.

6. Ambil waktu makan siang yang panjang

Waktu seperti ini bisa membuat Anda kembali rileks dan ingat apa prioritas yang paling utama. Makan siang yang lama bisa memulihkan rasa lelah, sehingga Anda tidak kehilangan semangat kerja di sore harinya.

7. Jangan rencanakan setiap jam hari Anda

Cukup rencanakan empat hingga lima jam kerja yang produktif. Waktu kosong lainnya bisa Anda isi dengan pekerjaan yang tertunda atau tidak terselesaikan.

Dikutip dari liputan6.com

Share This

About the Author

I Wayan Sudarta's Photo

I Wayan Sudarta - Manajer KSP Citra Mandiri

Nothing about I Wayan Sudarta.

Add your comment