Walikota Denpasar Rai Mantra Resmikan Gedung Baru KSP Citra Mandiri

Walikota Denpasar Rai Mantra Resmikan Gedung Baru KSP Citra Mandiri

Setelah enam belas tahun Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Citra Mandiri berdiri, kini telah memiliki sebuah gedung tersendiri dan tidak lagi menggunakan aset banjar. Sebelum diresmikan gedung itu diawali dengan pelaksanaan upacara melaspas dan mecaru, yang dipuput oleh Ida Pedanda Kutat dari Gerya Kutat Sanur. Dalam upacara melaspasin itu Walikota Denpasar melaksanakan menem pedagingan di Pelinggih Tugu Karang dan dilanjutkan dengan penanda tanganan prasasti serta meninjau gedung baru KSP Citra Mandiri, Minggu (10/8) di Sanur.

Ketua Koperasi Simpan Pinjam Citra Mandiri, Wayan Kamajaya mengatakan,  gedung KSP Citra Mandiri yang lama masih bergandengan dengan banjar. Sehingga setiap  kegiatan yang berubungan dengan banjar, koperasi Cita Mandiri mengalami gangguan dan tidak  bisa berkerja semaksimal mungkin. Sehingga pihaknya dan anggota kopersi yang lainnya memiliki inisiatif untuk memiliki tempat lain selain diinduk. Dari inisiatif tersebut dan aset yang dimiliki pihaknya memutuskan untuk membeli aset ini.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan gedung baru ini tentunya karena aset Koperasi Citra Mandiri mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatannya rata-rata sebanyak Rp 20 miliar setiap tahunnya. ”Sampai akhir ini kita kelola aset ini sebesar Rp 114 miliar,” ungkapnya. Dengan diresminya gedung koperasi ini, pihaknya mengharapkan anggotanya bisa merubah pandanganya dengan koperasi  kemarin, yang kebanyakan berpikir koperasi banjar. Bahkan cara pengambilan keputusan dalam rapat masing menggunakan tradisi rapat banjar. “Kita ingin bergerak dan seluruh komponen belajar lebih mengenal pada kenyataan karena koperasi ini memang bergerak dibidang bisnis,” ungkapnya.

Gedung baru ini telah dibangun sesuai dengan harapan bapak Walikota yakni menyerupai sebuah bank. Setelah berdirinya koperasi ini dirinya mengharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran. Serta mendekatkan diri dengan anggota koperasi yang ada di Jl Tukad Nyali agar bisa tumbuh dan berkembang seperti tahun sebelumnya. Dengan aset 140 miliar ini merupakan tonggak baru buat koperasi di Kota Denpasar.

Lebih lanjut dikatakan, mengatakan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, untuk pertumbuhan aset pada tahun 2013 mencapai Rp 50 miliar pertahun. Pertumbuhan aset tersebut bukan dari pemupukan modal namun dana tersebut berasal dari pihak ketiga dan kedua. Selain itu KSP Citra Mandiri merupakan salah satu koperasi yang dipercaya untuk mengelola dana-dana pemerintah. Untuk itu pihaknya megelontorkan kembali kepada anggota.

Sedangkan kelebihan koperasi ini dengan yang lainnya dilihat dari berbagai sisi diantaranya kelebihan dalam oprasional. Pihaknya sepenuhnya mempergunakan integritit teknologi dalam oprsionalnya, dengan hal ini tentunya akan menghemat proses baik tenaga, biaya dan sumber-sumber lain. Dengan demikian akan berdampak pada pelayanan seperti bunga kredit semakin efisien dan dapat bersaing dengan bank umum.

Dikutip dari situs resmi Sekretariat Daerah Kota Denpasar.

Share This

About the Author

I Wayan Sudarta's Photo

I Wayan Sudarta - Manajer KSP Citra Mandiri

Nothing about I Wayan Sudarta.

Add your comment